PENGUNJUNG

Jumat, 11 Desember 2020

KAIFIYAT RUKU DAN I’TIDAL


KAIFIYAT RUKU

أنَّ النبيَّ صلّى الله عليه وسلّم كان يرفعُ يديه حذوَ مَنكبيه؛ إذا افتتح الصَّلاةَ، وإذا كبَّرَ للرُّكوع، وإذا رفع رأسه من الرُّكوع

“Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam biasanya ketika memulai shalat, ketika takbir untuk ruku’ dan ketika mengangkat kepada setelah ruku’mengangkat kedua tangannya setinggi pundaknya”(HR.Bukhari 735)

ثُمَّ يَرْكَعُ حَتَّى تَطْمَئِنَّ مَفَاصِلُهُ

“Kemudian ia ruku’ hingga thuma’ninah/tenang persendiannya (anggota-anggota tubuh menetap pada tempatnya).” (HR. al-Bukhari no. 793)

لاَ تُجْزِئُ صَلاَةُ الرَّجُلِ حَتَّى يُقِيْمَ ظَهْرَهُ فِي الرُّكُوْعِ وَالسُّجُوْدِ

“Tidak mencukupi shalat seseorang hingga ia meluruskan/meratakan punggungnya dalam ruku’ dan sujud.” (HR. Abu Dawud no. 855 dari Abu Mas’ud Uqbah bin Amr al-Badri, disahihkan juga dalam Shahih Sunan AbiDawud)

وَكَانَ إِذَا رَكَعَ لَمْ يُشْخِصْ رَأْسَهُ وَلَمْ يُصَوِّبْهُ، وَلَكِنْ بَيْنَ ذَلِكَ

“Jika Rasulullah  ruku’, beliau tidak mengangkat kepalanya dan tidak pula menundukkannya. Akan tetapi, kepala beliau berada di antara dua posisi tersebut (tidak tunduk dan tidak pula lebih tinggi, namun rata dengan punggungnya).”al-Imam Muslim (no. 1110)

وَ فِى حَدِيْثِ رِفَاعَةَ بْنِ رَافِعٍ عَنِ النَّبِيّ ص: وَ اِذَا رَكَعْتَ فَضَعْ رَاحَتَيْكَ عَلَى رُكْبَتَيْكَ. ابو داود

Dan dalam haditsnya Rifa'ah bin Rafi' dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Dan apabila kamu ruku' maka letakkanlah dua tapak tanganmu pada dua lututmu”.[HSR. Abu Dawud, dalam Nailul Autharjuz 2, hal. 272]# “Beliau menyandarkan kedua telapak tangannya pada kedua lututnya seakan-akan memegang erat kedua lututnya itu.”(HR. Bukhari dan Abu Dawud) # “Jika kamu ruku’, letakkanlah tanganmu pada lututmu, kemudian renggangkanlah jari-jarimu, kemudian tenanglah sampai ruas tulang belakangmu mantap di tempatnya.”(HR. Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban).# “Beliau menjauhkan (membuka) kedua siku ke samping kiri dan kanan badannya.” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan oleh Ibnu Khuzaimah)


Bacaan ketika ruku :

   1- سبحان ربي العظي   رواه مسلم,فقه السنة:137/1

“Maha Suci Engkau,Ya Alloh Tuhan kami yang Maha Agung”.(HR.Muslim,Fiqh Sunnah,juz1,hal:137).

      2 – سبوح قدوس رب الملا ئكة والروح  رواه مسلم :51/2

“Maha Suci (kudus) Engkau,Tuhan para Malaikat dan ArRuh”.(HR.Muslim,juz 2,hal:51)

   3- سبحانك اللهم ربنا وبحمدك اللهم اغفر لي  رواه البخاري:207/1

“Maha Suci Engkau, Ya Alloh Ya Tuhan kami dengan memuji-Mu, Ya Alloh ampunilah dosa-dosaku”.(HR.Al-Bukhoriy,juz 1,hal:207)

وَعَنْ اِبْنِ عَبَّاسٍ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( أَلَا وَإِنِّي نُهِيتُ أَنْ أَقْرَأَ اَلْقُرْآنَ رَاكِعًا أَوْ سَاجِدًا  فَأَمَّا اَلرُّكُوعُ فَعَظِّمُوا فِيهِ اَلرَّبَّ  وَأَمَّا اَلسُّجُودُ فَاجْتَهِدُوا فِي اَلدُّعَاءِ  فَقَمِنٌ أَنْ يُسْتَجَابَ لَكُمْ )  رَوَاهُ مُسْلِمٌ 

Dari Ibnu Abbas Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihiwaSallam bersabda: "Ketahuilah bahwa aku benar-benar dilarang untuk membaca al-Qur'an sewaktu ruku'  dan sujud adapun sewaktu ruku' agungkanlah Tuhan dan sewaktu sujud bersungguh-sungguhlah dalam berdoa karena besar harapan akan dikabulkan do'amu. Riwayat Muslim.


KAIFIYAT I’TIDAL


أنَّ النبيَّ صلّى الله عليه وسلّم كان يرفعُ يديه حذوَ مَنكبيه؛ إذا افتتح الصَّلاةَ، وإذا كبَّرَ للرُّكوع، وإذا رفع رأسه من الرُّكوع

“Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam biasanya ketika memulai shalat, ketika takbir untuk ruku’ dan ketika mengangkat kepala setelah ruku’ mengangkat kedua tangannya setinggi pundaknya”(HR.Bukhari 735)


عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ ص اِذَا قَامَ اِلَى الصَّلاَةِ رَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى يَكُوْنَا بِحَذْوِ مَنْكِبَيْهِ ثُمَّ يُكَبّرُ. فَاِذَا اَرَادَ اَنْ يَرْكَعَ رَفَعَهُمَا مِثْلَ ذلِكَ وَاِذَا رَفَعَ رَاْسَهُ مِنَ الرُّكُوْعِ رَفَعَهُمَا كَذلِكَ اَيْضًا. وَ قَالَ: سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ رَبَّنَا وَ لَكَ اْلحَمْدُ. احمد و البخارى و مسلم، فى نيل الاوطار

Dari Ibnu Umar, ia berkata, “Adalah Nabi SAW apabila berdiri shalat, beliau mengangkat dua tangannya hingga sejajar dua bahunya kemudian bertakbir. Dan apabila hendak ruku', beliau mengangkat dua tangannya seperti itu. Dan apabila mengangkat kepalanya dari ruku', beliau mengangkat dua tangannya seperti itu pula, dan membaca Sami'alloohuliman hamidah, robbanaawalakal-hamdu (Semoga Allah mendengar bagi orang yang memuji-Nya. YaTuhan kami, dan bagi-Mulah segala puji). [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 200]

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ اِذَا قَامَ اِلَى الصَّلاَةِ يُكَبّرُ حِيْنَ يَقُوْمُ، ثُمَّ يُكَبّرُ حِيْنَ يَرْكَعُ، ثُمَّ يَقُوْلُ. سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ حِيْنَ يَرْفَعُ صُلْبَهُ مِنَ الرَّكْعَةِ، ثُمَّ يَقُوْلُ وَ هُوَ قَائِمٌ رَبَّنَا وَ لَكَ اْلحَمْدُ. ثُمَّ يُكَبّرُ حِيْنَ يَهْوِى سَاجِدًا، ثُمَّ يُكَبّرُ حِيْنَ يَرْفَعُ رَأْسَهُ، ثُمَّ يُكَبّرُ حِيْنَ يَهْوِى سَاجِدًا، ثُمَّ يُكَبّرُ حِيْنَ يَرْفَعُ رَأْسَهُ، ثُمَّ يَفْعَلُ ذلِكَ فِى الصَّلاَةِ كُلّهَا، وَ يُكَبّرُ حِيْنَ يَقُوْمُ مِنَ الثّنْتَيْنِ بَعْدَ اْلجُلُوْسِ. احمد البخارى مسلم فى رواية لهم: رَبَّنَا لَكَ اْلحَمْدُ. 

Dari Abu Hurairah, ia berkata, “Adalah Rasulullah SAW apabila berdiri shalat, beliau bertakbir ketika berdiri, kemudian bertakbir ketika ruku', kemudian membaca Sami'alloohuliman hamidah  ketika mengangkat tulang belakangnya (ketika bangkit) dari ruku', kemudian membaca Robbanaawalakal-hamdu dalam keadaan berdiri. Kemudian beliau bertakbir ketika menunduk sujud, kemudian beliau bertakbir ketika mengangkat kepalanya, kemudian beliau takbir ketika menunduk sujud, kemudian beliau bertakbir ketika mengangkat kepalanya, kemudian beliau berbuat demikian dalam setiap (rekaat) shalat, dan beliau bertakbir ketika bangun dari rakaat kedua setelah duduk (attahiyat). [HR. Ahmad, Bukharidan Muslim] dan di dalamriwayat lain Robbanaalakal-hamdu. [Dalam Nailul Authar juz 2, hal. 278]

ْ اَبِى هُرَيْرَةَ رض اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: اِذَا قَالَ اْلاِمَامُ سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ فَقُوْلُوْا: اَللّهُمَّ رَبَّنَا لَكَ اْلحَمْدُ. فَاِنَّهُ مَنْ وَافَقَ قَوْلُهُ قَوْلَ اْلمَلاَئِكَةِ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ. البخارى

Dari Abu Hurairah RA, ia berkata : Sesungguhnya Rasulullah SAW pernah bersabda, “Apabila Imam mengucapkan Sami'alloohulimanhamidah, maka ucapkan- , robbanaalakal-hamdu, karena barang-siapa yang ucapannya itu bertepatan dengan ucapannya para malaikat, niscaya akan diampuni dari dosa-dosanya yang telah lalu”. [HR. Bukharijuz 1, hal. 193]

عَنْ رِفَاعَةَ بْنِ رَافِعٍ اَلزُّرَقِيّ قَالَ: كُنَّا يَوْمًا نُصَلّى وَرَاءَ النَّبِيّ ص فَلَمَّا رَفَعَ رَاْسَهُ مِنَ الرَّكْعَةِ قَالَ: سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ قَالَ رَجُلٌ: رَبَّنَا وَ لَكَ اْلحَمْدُ حَمْدًا كَثِيْرًا طَيّبًا مُبَارَكًا فِيْهِ. فَلَمَّا انْصَرَفَ قَالَ: مَنِ اْلمُتَكَلّمُ؟ قَالَ: اَنَا. قَالَ: رَاَيْتُ بِضْعَةً وَ ثَلاَثِيْنَ مَلَكًا يَبْتَدِرُوْنَهَا اَيُّهُمْ يَكْتُبُهَا اَوَّلُ. البخارى

Dari Rifa'ah bin Rafi' Az-Zuraqiy, ia berkata, “Dahulu pada suatu hari kami pernah shalat di belakang Nabi SAW. Maka setelah beliau mengangkat kepalanya dari ruku' dan membaca Sami'alloohuliman hamidah, lalu ada seorang laki-laki yang membaca :Robbanaa walakal-hamdu, hamdan katsiiron thoyyiban mubaarokan fiih (Ya Tuhan kami dan bagi-Mu lah segala puji, pujian yang banyak dan baik lagi berkah di dalamnya). Maka setelah selesai shalat, beliau SAW bertanya, "Siapa yang mengucapkan kalimat tadi ?". Maka orang laki-laki itu menjawab, "Saya". Nabi SAW bersabda, "Saya melihat malaikat tiga puluh lebih berebut untuk mendapatkan ucapan itu, siapa diantara malaikat itu yang lebih dulu mencatatnya". [HR. Bukhari juz 1, hal. 193]

اَللَّهُمَّ رَبَّنَا الْحَمْدُمِلْءَ السَّمَوَاتِ وَمِلْءَ اْلاَرْضِ وَمَلْءَ مَاشِئْتَ مِنْ شَيْءٍ بَعْدُهُ . أَهْلَ الثَّنَاءِ وَالْمَجْدِ أَحَقُّ . لَا مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ زَادَ مَحْمُودٌ وَلَا مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ . وَلَا يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ

Ya Allah Rabb kami, hanya untuk Engkaulah segala pujian sepenuh langit dan bumi dan sepenuh apa saja yang Engkau kehendaki, wahai Allah yang berhak menerima sanjungan dan kehormatan (HR Muslim)

اللَّهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءَ السَّمَاءِ وَ مِلْءَ السَّمَوَاتِ وَمِلْءَ الْأَرْضِ وَمِلْءَ مَا شِئْتَ مِنْ شَيْءٍ بَعْدُ أَهْلَ الثَّنَاءِ وَالْمَجْدِ أَحَقُّ مَا قَالَ الْعَبْدُ وَكُلُّنَا لَكَ عَبْدٌ لَا مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ . وَلَا مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ . وَلَا يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ

Ya Allah Rabb kami, hanya untuk Engkaulah segala pujian sepenuh langit dan bumi dan sepenuh apa saja yang Engkau kehendaki, wahai Allah yang berhak menerima sanjungan dan kehormatan, Ucapan yang paling pantas di ucapkan oleh seorang hamba, dan kami semua adalah hamba-Mu, tak seorang pun yang dapatmencegahapa yang telahEngkauberikan; begitu pula takseorang pun yang dapat memberikan apa yang Engkau cegah, dan sekali-kali tidak bermanfa'at bagi orang yang mempunyai kebesaran,  dari Engkaulah kebesaran itu (Shahiih Abu Dawud)

فَإِذَا رَفَعْتَ رَأْسَكَ فَأَقِمْ صُلْبَكَ حَتَّى تَرْجِعَ الْعِظَامُ إِلَى مَفَاصِلِهَا

“Maka apabila engkau telah mengangkat kepalamu (dari ruku’), maka tegakkan punggungmu sehingga tulang-tulang kembali pada persendiannya.”[HR. Bukhari, Muslim, Ad-Daarimi, Al-Hakim, Asy-Syafi’i, dan Ahmad. Lihat dalam kitab Shifat Shalat Nabihal.138 oleh Syaikh Al-Albani].

فَإِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ اِسْتَوَى حَتَّى يَعُوْدَ كُلُّ فَقَارٍ مَكَانَهُ.

“Maka apabila beliau mengangkat kepala dari ruku’, beliau berdiri tegak sehingga semua tulang punggung kembali pada tempatnya.”

ثُمَّ رَفَعَ رَأْسَهُ فَقَامَ حَتَّى يَسْتَوِيَ كُلُّ شَيْئٍ مِنْهُ.

“Kemudian ia mengangkat kepala, lalu berdiri sehingga seluruh anggota badannya menjadi lurus.”

عَنْ عَلْقَمَةَ بْنِ وَائِلٍ وَ مَوْلًى لَهُمْ أَنَّهُمَا حَدَّثَاهُ عَنْ أَبِيْهِ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ أَنَّهُ رَأَى النَّبِيّرَفَعَ يَدَيْهِ حِيْنَ دَخَلَ فِي الصَّلاَةِ -وَصَفَ هَمَّامُ-حِيَالَ أُذُنَيْهِ ثُمَّ الْتَحَفَ بِثَوْبِهِثُمَّ وَضَعَ يَدَهُ الْيُمْنَى عَلَى الْيُسْرَىفَلَمَّا أَرَادَ أَنْ يَرْكَعَ أَخْرَجَ يَدَيْهِ مِنَ الثَّوْبِ ثُمَّ رَفَعَهُمَا ثُمَّ كَبَّرَ فَرَكَعَفَلَمَّا قَالَ سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ رَفَعَ يَدَيْهِ، فَلَمَّا سَجَدَ، سَجَدَ بَيْنَ كَفَّيْهِ.

“Dari ‘Alqamah bin Wail dan maula mereka bahwa keduanya menceritakan dari bapaknya, Wail bin Hujr bahwasanya dia (Wail bin Hujr) melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam mengangkat keduatangan beliau tatkala melakukan shalat (lalu) bertakbir –Hammam mensifatkan- sejajar dengan kedua telinga beliau. Kemudian beliau berselimut dengan kain, lalu meletakkan tangan kanan beliau pada tangan kiri. Maka tatkala beliau hendak ruku’, beliau mengeluarkan kedua tangan beliau dari (dalam) baju kemudian mengangkat keduanya sambil bertakbir, lalu ruku’. Maka ketika beliau mengucapkan sami’allahu liman hamidah, beliau mengangkat keduatangan pula. Dan tatkala sujud, beliau sujud diantara kedua telapak tangan.”(HR Muslim)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dzikrul Maut #5

  (Kitab At-Tadzkiroh Bi Ahwali Mauta wa Umuri Akhirat/ Peringatan Tentang keadaan orang Mati dan urusan-urusan Akhirat/Imam Al Qurthubi) KO...