PENGUNJUNG

Jumat, 11 Desember 2020

Bangkit dari Sujud Menuju Rakat kedua dan Tasyahud Awwal


عَنْ عَاصِمِ بْنِ كُلَيْبٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ قَالَ رَأَيْتُ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- إِذَا سَجَدَ وَضَعَ رُكْبَتَيْهِ قَبْلَ يَدَيْهِ وَإِذَا نَهَضَ رَفَعَ يَدَيْهِ قَبْلَ رُكْبَتَيْهِ.

Ashim bin Kulaib, dari ayahnya, dari Wail bin Hajar. Wail mengatakan bahwa ia pernah melihat Rasulullah ketika hendak sujud, maka beliau meletakkan kedua lututnya sebelum meletakkan kedua tangannya. Dan ketika beliau bangkit, maka beliau mengangkat kedua tangan sebelum mengangkat kedua lututnya. (Diriwayatkan oleh Abu Daud, 838,

رَأَيْتُ عَبْدَ اللَّهِ بن عُمَرَ وَهُوَ يَعْجِنُ فِي الصَّلاةِ يَعْتَمِدُ عَلَى يَدَيْهِ إِذَا قَامَ

“Saya melihat Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhuma, melakukan ‘ajn ketika shalat, bertumpu dengan kedua tanganya ketika hendak berdiri.” (HR. Thabrani dalam Mu’jam Al-Ausath dari Al-Azraq bin Qais,).

أَنَّهُ رَأَى النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي فَإِذَا كَانَ فِي وِتْرٍ مِنْ صَلاَتِهِ لَمْ يَنْهَضْ حَتَّى يَسْتَوِيَ قَاعِدًا. [رواه البخارى والترمذى والنسائى وأبو داود]

Artinya: "Bahwa ia (Malik ibn al-Huwairits) melihat Nabi saw shalat, maka apabila beliau berada pada raka'at ganjil (raka'at 1 dan raka'at 3) dari shalatnya beliau sebelum berdiri duduk dulu sehingga lurus duduknya." [HR. al-Bukhari, at-Turmudzi, an-Nasai dan Abu Dawud dari Malik ibn al-Huwairits]

Setelah berat badan Rasulullah bertambah berat, dan tenaganya kurang, maka ruku dan berdiri dari sujud tidak kuat dengan cepat, Rasulullah bersabda :

لَاتُبَادِرُوْنِى بِالْقِيَامِ وَلَا بِالْقُعُوْدِ فَاِنِّى قَدْ بَدَنْتُ (فتح البارى)

“Kamu (para ma;mum) jangan mendahului aku (tunggulah aku) dalam bangkit berdiri dan dalam duduk, sesungguhnya aku telah tambah berat badanku (sudah lanjut umur)-                     -Fath’l Bari 2 : 241-

Ibnul mundir meriwayatkan dari Abi A’yasy :

اَدْرَكْتُ غَيْرَ وَاحِدٍ مِنْ اَصْحَابِ النَّبِىِّ ص. فَكَانَ اِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنَ الْسَجْدَةِ فِى اَوَّلِ رَكْعَةٍ وَفِى الثَّالِثَةِ قَامَ وَلَمْ يَجْلِسْ .رواه ابن ابى سيبة .1:347 .

“Aku sejaman dengan banyak  sahabat nabi, bila mereka  bangkit mengangkatkan kepala dari rakaat pertama dan rakaat ketiga, mereka berdiri dan tidak duduk istirahat”.

Keterangan tersebut menunjukan bahwa di jaman Abi A’yasy sebahagian sahabat yang ia saksikan tidak melakukan duduk istirahat, dan keterangan itu merupakan bantahan bagi yang melakukan, di jaman ba’da sahabat.

كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا نَهَضَ مِنَ الرَّكْعَةِ الثَّانِيَةِ اسْتَفْتَحَ الْقِرَاءَةَ بِـ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ وَلَمْ يَسْكُتْ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila telah bangkit ke rakaat kedua, beliau mulai bacaannya membaca: ‘Alhamdulillahi rabbil ‘alamin..’ dan tidak diam. (HR. Muslim Dari Abu Hurairah)


TASYAHUD AWWAL

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى بِهِمُ الظُّهْرَ فَقَامَ فِي  الرَّكْعَتَيْنِ ا وْألُْ لَيَيْنِ لَمْ يَجْلِسْ. فَقَامَ النَّاسُ مَعَهُ حَتَّى إِذَا قَضَى الصَّلاَةَ وَانْتَظَرَ النَّاسُ تَسْلِيْمَهُ كَبَّرَ وَهُوَ جَالِسٌ، فَسَجَدَ سَجَدَتَيْنِ قَبْلَ أَنْ يُسَلِّمَ ثُمَّ سَلَّمَ

“Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam shalat zuhur mengimami mereka (para sahabat) shalat. Setelah rakaat kedua, beliau bangkit berdiri tanpa duduk (tasyahud awal). Orang-orang pun bangkit bersama beliau. Ketika beliau telah menyelesaikan shalat dan orang-orang menanti salam beliau, ternyata beliau bertakbir dalam keadaan duduk, lalu sujud dua kali sebelum salam. Setelahnya, barulah beliau salam.” (HR. al-Bukhari no. 829 dan Muslim no. 1269)

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ e ... كَانَ يَقُوْلُ فِي كُلِّ رَكْعَتَيْنِ التَّحِيَّةَ، وَكَانَ يَفْرُشُ رِجْلَهُ اليُسْرَى وَيَنْصِبُ رِجْلَهُ اليُمْنَى، وَكَانَ يَنْهَى عَنْ عُقْبِ الشَّيْطَانِ، وَكَانَ يَنْهَى أَنْ يَفْتَرِشَ الرُّجُلُ ذِرَاعَيْهِ إِفْتِرَاشَ السَّبُعِ، وَكَانَ يَخْتِمُ الصَّلاَةَ بِالتَّسْلِيْمِ. - رواه أحمد ومسلم وأبو داود

 “Dari Aisyah, ia mengatakan,”Adalah Rasululah saw... mengucapkan   At-Tahiyat pada  tiap rakaat. dan beliau menghamparkan kaki kirinya dan menancapkan kaki kanannya. Beliau melarang seseorang duduk cara syetan. Dan beliau melarang seseorang menghamparkan dua sikutnya seperti menghamparnya binatang buas. Dan beliau menutup shalatnya dengan salam.” - H.R. Ahmad,Muslim dan  Abu Daud -

 أَنَا كُنْتُ أَحْفَظُكُمْ لِصَلاَةِ رَسُوْلِ اللهِ وَفِيْهِ قَالَ: فَإِذَا جَلَسَ فِي الرَّكْعَتَيْنِ جَلَسَ عَلَى رِجْلِهِ الْيُسْرَى وَ نَصَبَ الْيُمْنَى وَ إِذَا جَلَسَ فِي الرَّكْعَةِ الآخِرَةِ قَدَّمَ رِجْلَهُ الْيُسْرَى وَ نَصَبَ ا خْألََرَى وَ قَعَدَ عَلَى مَقْعَدَتِهِ

“Aku paling hafal di antara kalian tentang shalat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam….” Dalam hadits tersebut, Abu Humaid mengatakan, “Apabila duduk dalam rakaat kedua, beliau duduk di atas kaki kirinya dan menegakkan kaki yang kanan. Apabila beliau duduk pada rakaat yang terakhir, beliau mengedepankan kaki beliau yang kiri dan menegakkan kaki yang lain (kaki kanan) serta duduk di atas pantat beliau.” (HR. al-Bukhari no. 828)

عَنْ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ أَنَّهُ قَالَ فِي صِفَةِ صَلاَةِ رَسُوْلِ اللهِ e ، ثُمَّ قَعَدَ فَإفْتَرَشَ رِجْلَهُ الْيُسْرَى وَوَضَعَ كَفَّهُ اْليُسْرَى عَلَى فَخِذِهِ وَرُكْبَتِهِ اْليُسْرَى وَجَعَلَ حَدَّ مِرْفَقِهِ اْلأَيْمَنِ عَلَى فَخِذِهِ اْليُمْنَى ثُمَّ قَبَضَ ثِنْتَيْنِ مِنْ أَصَابِعِهِ وَحَلَقَ حَلْقَةً، ثُمَّ رَفَعَ أُصْبُعَهُ فَرَأَيْتُهُ يُحَرِّكُهَا يَدْعُوْ بِهَا .  -رواه أحمد والنسائي و أبو داود -

Dari Wail bin Hujr bahwa ia berkata tentang shalat Rasulullah saw.,”kemudian beliau duduk, maka beliau menghamparkan kaki kirinya dan menyimpan tangan kiri diatas paha dan lutut kirinya, dan beliau menjadikan ujung sikutnya yang kanan diatas paha kanannya. Kemudian beliau menggenggamkan dua jarinya dan membuat lingkaran, kemudian mengangkat telunjuknya dan aku melihatnya menggerak-gerakannya, beliau berdua dengan itu. - H.R.Ahmad, An-Nasai dan Abu Daud -عَنِ إبْنِ مَسْعُوْدٍ قَالَ : عَلَّمَنِي رَسُوْلُ اللهِ e التَّشَهُّدَ كَفِّيْ بَيْنَ كَفَّيْهِ كَمَا يُعَلِّمُنِي السُّوْرَة من القزآنِ : التَّحِيَّاتُ ِللهِ وَالصَّلَوَاتُ وَالطَّيِّبَاتُ، اَلسَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ ، اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّا لِحِيْنَ، أَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.- رَوَاهُ الْجَمَاعَةُ -

Dari Ibnu Masud, ia mengatakan,’Rasulullah saw. mengajari ku Tasyahhud, tanganku diantara kedua tangannya sebagaimana beliau mengajar kami Surat Alquran : segala Penghormatan, segala salawat dan segala yang baik-baik adalah milik Allah, salam sejahtera atasmu wahai Nabi dan Rahmat Allah serta berkah-berkahNya, Salam sejahtera pula atas kami dan semua hamba Allah yang saleh, Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad hambaNya dan utusanNya. -H.R. Al-Jama’ah -

وَعَنِ إبْنِ عَبَّاٍس قَالَ : كَانَ رَسُوْلُ اللهِ e يُعَلِّمُنَا التَّشَهُّدَكَمَا يُعَلِّمُنَا السُّوْرَةَ مِنَ االْقُرْأَنِ فَكَانَ يَقُوْلُ : التَّحِيَّاتُ االْمُبَارَكَاتَُالصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ، اَلسَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ ، اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ، أَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَّسُوْلُ اللهِ. - رَوَاهُ مُسْلِمٌ وَأَبُوْ دَاوُدَ

 “Dan dari Ibnu Abbas, ia mengatakan, Keadaaan Rasululah saw. mengajar kami tasyahhud sebagaimana ia mengajar kami surat dari Al-quran, beliau mengucapkan, Segala penghormatan yang diberkahi dan segala salawat yang baik adalah milik Allah, salam sejahtera atasmu wahai Nabi dan Rahmat Alah serta berkah-berkahNya, Salam sejahtera pula atas kami dan semua hamba Allah yang saleh, Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusanNya.” - H.R. Muslim dan Abu Daud -

عَنْ فُضَالَةَ بْنِ عُبَيْدٍ قَالَ سَمِعَ النَّبِيُّ  e رَجُلاً يَدْعُوْ فِي صَلاَتِهِ فَلَمْ يُصَلِّ عَلَي النَّبِبِّي . فَقَالَ النَّبِيُّ  e عَجِلَ هَذَا ثُمَّ دَعَاهُ فَقَالَ  لَهُ أَوْ لِغَيْرِهِ : إِذَا صَلَّى أَحَدُكُمْ فَلْيَبْدَأْ بِتَحْمِيْدِ اللهِ وَالثَّنَاءِ عَلَيْهِ ثُمَّ لِيُصَلِّ عَلَى النَّبِيِّ  e ثُمَّ لِيَدْعُ بَعْدُ مَا يَشَاءُ . - رواه الترمذي وصححه -

Dari Fudalah bin Ubaid, ia mengatakan,”Nabi saw. mendengar seorang laki-laki sedang berdoa di dalam shalatnya dan tidak bersalawat atasnya. Maka Nabi saw. bersabda,’Tergesah-gesah sekal’ Kemudian ia memanggilnya dan berkata kepadanya atau kepada yang lainnya,’Bila salah seorang diantara kalian shalat, maka mulailah dengan memuji Allah, kemudian salawatlah atas Nabi, kemudian berdualah sesukamu”. - H.R. At-Tirmizi dan beliau mensahihkannya -

عَنْ أَبِيْ مَسْعوْدٍ قَالَ : أَتَانَا رَسُوْلُ اللهِ e وَ نَحْنُ فِي مَجْلِسِ سَعْدِ بْنِ عُبَادَةَ : فَقَالَ لَهُ بَشِيْرُ بْنُ سَعْدٍ : كَيْفَ نُصَلِّي عَلَيْكَ؟ قَالَ : فَسَكَتَ رَسُوْلُ اللهِ e حَتَّى تَمَنَّيْنَا أَنَّهُ لَمْ يَسْأَلْهُ. ثُمَّ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ e : قُوْلُوْا : أَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحّمَّدٍ وَعَلَى أَلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى اَلِ إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى اَلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ . وَالسَّلاَمُ كَمَا قَدْ عَلِمْتُمْ . - رواه أحمد ومسلم والنسائي والترمذي وصححه -

 Dari Abu Mas’ud  mengatakan,”Rasululah saw. datang kepada  kami dan kami berada di majlis Saad bin Ubadah. Basyir bin Saad bertanya kepadanya,’ Allah swt telah memerintah kami untuk salawat kepadamu bagaimana salawat kepadamu itu?’ Maka berliau diam sehingga kami merasa bahwa beliau tidak ditanya. Kemudian Rasulullah saw. bersabda,’Ucapkanlah oleh kalian,’Ya Allah berikanlah salawat atas Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana Engkau berikan salawat kepada keluargaIbrahim. dan berkahilah Muhammad serta keluarga Muhamad sebagaimana Engkau memberkahi keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji Maha Mulya”. - H.R.Ahmad,Muslim, An-Nasai dan At-Tirmizi dan beliau mensahihkannya

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dzikrul Maut #5

  (Kitab At-Tadzkiroh Bi Ahwali Mauta wa Umuri Akhirat/ Peringatan Tentang keadaan orang Mati dan urusan-urusan Akhirat/Imam Al Qurthubi) KO...